Jalan Pagi di Ragunan

#latepost

Sebagai orang tua yang anaknya udah bisa jalan, bawaanya tuh pengen ngajak jalan anaaak terus…
Ditambah kalo si anak tuh udah ngerti untuk ngerespon.
Jadi makin seneng.

Kali ini pilihan kita jatuh ke Kebun Binatang Ragunan,
Berhubung rumah kita di Pondok Pinang, didaerah selatan jadi lumayan deket lah ke Ragunan.

Berbekal sedikit makanan buat si njoi, aqua dan susu UHT meluncurlah kita ke Ragunan jam 7 pagi. Kali ini kita pergi sendiri tanpa ngajak keponakan karena mikir agak rempong pagi pagi.

Untuk alamat ragunan temen temen bs googling lah yah, biaya masuk mobil dan motor sampe biaya masuknya per orang masih cukup murah.
Pagi hari itu masih banyak orang dengan gaya sporty lari lari dan naik sepeda. Tapi emang asli seger karena masih banyak pohon besar yah.
Cuma kalo siangan dikit mulai ramee banget deh.

image

Kita bertiga jalan santai sambil olahraga nih, si njoi rada ngantuk ngantuk hehheehhee…

image

Hewan yang paling pertama kita tuju adalah gajah.
Gajah itu emang icon dari kebun binatang yak dan semua anak anak pasti selalu dikenalin dengan gajah.

Hasilnya???
Kenzie yg selama ini cuma tau gajah dari TV. Cerita uti nya sekarang beneran bisa liat gajah. Dia seneng banget, emaknya ga kalah seneng pas liat anaknya bilang “jaaa… Ajaaaah…”

image

*abaikan lemak emaknya yak ahahahhaa

Nah, kita cukup lama mengamati si gajah nih, kebetulan dia lagi makan. Makin deh si njoi ngemeng terus “jah.. maem.. nih…”

Stimulasi, itulah tujuan utamanya.
Kita sebagai orang tua harus rajin menstimulasi anak. Biarpun gw ga jago jago amat dan rajin baca buku ttg parenting, yg ptg stimulasi pokoknya hehehhee…

Lanjut keliling keliling, kita ketemu banyak binatang kaya rusa, burung unta, jerapah, tapi karena luas, gw sm suami keburu gempor duluan hehehehe..

image

Disana sekaranh ada satu lahan khusus untuk mainan anak anak, 1 koin 5rb buat sekali puteran.. yaah anak anak selalu jadi inceran tempat wisata lah.. hehehehhehee…

Terus karena udah mulai panas, kita mau   mengunjungi “uwak” kita dulu lah.. masa jauh jauh ga sungkem sih hehehheheee…

Kita ke Pusat Primata terbesar se Asia
Masuk kesini bayar lagi, lupa berapa harganya.
Sayangnya ga boleh bawa makanan dan minuman dan bodohnya gw nurut aja ga bawa minuman minimal aqua buat si njoi.

image

Kita mampir dulu ke Kandangnya si Kumbo…
Gorilla ini gede bingit coy..
Dan dia lagi makan, asli gw kocak liat cara dia makan. Percis kaya kita kalo lagi makan gitu sambil garuk garuk kaya orang lagi galau ahahahaha…

Lagi lagi, emaknya happy liat anaknya malah betah ga mau pergi liatin si Kumbo.
Seneng banget klo anak tuh ga takut, berani dan ekspresif pas liat binatangnya.

Berjalan keliling lagi dan masih buanyaaak primata yg tersebar disini yaaa iyalaaaah orang ini pusat penangkaran terbesar se Asia

image

image

Monyet ekor panjang…
Kenzie ternyata gemes banget pengen pegang secara langsung.
Di pusat primata ini kenzie suka banget sambil keliling santai dan liat yg ada di kandang.

Saat itu sekitar jam 9an lagi feeding time, jadi kita liat deh mereka lagi pada maem.

Cuma sayangnya kita ga bisa keliling lebih jauh, kenzie haus dan cari keran minum ga ketemu. Makanya, klo punya baby bawa aja aqua atau susu uht biar dia ga kehausan. Ga mgkn jg gw breastfeeding di area itu nanti monyetnya pengen neen juga hihihihiii…

image

image

Pas kita keliling keluar, eeeh ada gajah lagi. Kali ini lebih kecil dan ada air terjun ala ala nya gitu. Jadi dari jauh njoi udh teriak teriak “aiir…aiiir…” Ditambah ada gajah kecil yg lagi berenang berendam gt terus main pasir.
Bonusnya, disini kebetulan ada kupu kupu lewat. Si njoi langsung komen “puuu.. puuu…” Sambil dia kepak kepak tangan… Diajarin sama utinya

Waktu menunjukan pukul 11.00 dan ragunan udah mulai ruaameee pemirsa.
Akhirnya kita putuskan untuk jalan pulang, nanti kapan kapan kesini lagi. Murah kok dan sambil olahraga laaaah…

Pas dipintu pulang, kita baru ngeh ada kolam burung bangau

image

image

Rameee banget deh…
Dan si bangau kaya mau minta makan gitu ke kita…
Anak gw happy banget… Dia belum tau namanya bangau, jadi dia komennya “beeeebeeee….” Bebek maksudnya

Itulah hasil rangkuman jalan jalan ke Ragunan kali ini,
Yang perlu diperhatikan kalo menurut gw :

1. Bawalah anak kita sesuai umurnya, kenzie gw bawa kesini pas umur 16bulan, mungkin setiap anak beda beda. Cuma cari umur ketika memang dia sudah cukup tau itu gajah, itu monyet dsb. Jadi seneng liat responnya. Karena ada beberapa teman bawa anak ke ragunan tapi belum ngerti yg ada anaknya cm diem aja kurang excited.

2. Bawa minum air putih yg cukup dan makanan cemilan bila perlu. Inget secukupnya biar ga berat dan cape bawanya

3. Pakailah outfit yg nyaman, alas kaki apalagi karena banyak keliling. Biar ga encook klo pake heels kan. Kita kan mau nyenengin anak bukan mau mejeng

4. Bawa lotion anti nyamuk

5. Bawa stroller lumayan booo keliling ragunan hehehehhee

Buat gw and suami, edukasi ke alam terbuka itu penting, ga melulu di mall dan dirumah. Anak jadi bebas berlari, bener bener berekspresi. Nah ragunan pilihan yg tepat buat perkenalan.
Klo anak udah bagus responnya baru deh ke tempat lain yg lebih bagus.

Selamat jalan jalan bu ibu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s