Lika liku karir kerjaku

18 Maret 2010

Hari itu resmi sebagai hari pertama kali join di salah satu perusahaan pembiyaan Mega Auto Finance dan Mega Central Finance.

Awal yang berat untuk kerja disini, bukan karena pekerjaannya yang sulit. Tapi karena kondisi pertemanan yang terlalu. Pada awal masuk, jelas di perusahaan ini ada sistem nge geng dan untuk anak baru kaya ge, ga tau kenapa sepertinya mereka acuh dan ga mau nemenin. Sedih, jujur sedih banget. Sampai ada 1 orang cowo yg ngajak makan, pembawaanya asik. Mas beng namanya dan sampe sekarang orgnya emang asik. Diajak makan ke masakan padang gitu. Yaaa, cerita punya cerita di departemen gw ternyata ada kesenjangan sosial dan kecemburuan sosial. Dari pihak ini merasa iri dengan seseorang yang dianggap anak emas pak boss. Tapi makin kesini makin sadar, kenapa ada istilah anak emas. Karena bukan masalah subjektif melainkan ybs mampu mengerjakan semua pekerjaan dengan load besar dan hasil yg memuaskan. Cuma yaa pemikiran orang kan berbeda.

Diterima sebagai staff administrasi, dengan gaji standar 2 koma an di jama itu, gw punya kewajiban untuk bayar cicilan bank untuk bangun kontrakan si mamah sebagai bekal dihari tua. Cicilannya sekitar 1,6 jt selama 2 tahun. Kebayang jaman dulu mpot mpotan ga karuan. Tapi dinikmati aja, namanya buat investasi kan. Dan sekarang udah balik modal kok dari penghasilan kontrakan yang hasilnya buat tabungan haji ortu. Jadi simpanan uang gw berguna. Alhamdulillah..

Mulai dari staff administrasi yang ngurusin bpkb od, dan sampe megang project edc. Mulai dari tolol sampe ngelotok. Ahahaaa.. ini nih yang berkesan karena harus training edc gw bisa naek pesawat untuk pertama kalinya ke lampung. Yipppiiiy.. ditemani Mas Yan dan Mba Ida dan survive di cabangnya sendiri, cuma 3 hari kok sebentar kaaan..

image

Ini kali ke dua ke lampung

image

Bertepatan pada ultah ke 24, tanggal 22 des 2011. Kageeet lhoooo tapi gembiraaa ahahahahahaaa. Ini pasti idenya mas August Lee nih salah satu senior di MCF juga dulu yang banyak ngajarin gw.

Hampir 2 tahun kurang, salah satu teman dekat di kantor si Anita Haditono resign dan dapet di Asuransi Cigna. Sampai akhirnya ada tawaran gw masuk di Cigna.

21 Desember 2012

Setelah melewati 2 kali test di Cigna dan akhirnya dinyatakan lulus. Sore iti gw pergi dari Slipi menuju Kuningan untuk tanda tangan kontrak. Saat itu ditemani sama Heru, dy yang selalu sabar nemenin. And, finally saya resmi menandatangani kontrak kerja dengan Cigna sebagai Bussiness Partner Service. Kali ini gw dapet bantuan dari Anita, karena gw direkomendasikan dari dya. Tengkyuuu nitaaa…

Siapa yang ga girang, ketika gaji pokoklo naik hampir 100% dengan tawaran itu. Gembira dan bersyukur luar biasa. Karena jadi bisa bantu bantu mamah, bisa nabung dan bisa jajan sushi.. ahahahaaa.
Keesokan harinya melenggang ke kangor dengan gembira dan sudah menyiapkan surat resign.
Offering pertama dari manager, berhasil gw tolak.
Offering kedua manager gw mewakili direksi keuangan gw. Karena gaji yang ditawarin sama Cigna itu kaya kelebihan buat taraf level unit head or koordinator ditempat gw ah lebih dikit, cuma 400 ribu doank. Dan gw masih tidak bergeming karena gw pengen resign.
Offering ketiga manager gw mewakili presiden direktur gw. Speechless dan gw blg gw pikir pikir dulu. Suatu ketika gw sungkem ke Pak Presiden Direktur untuk pamitan perihal resign gw. Cuma, jujur gw kayanya terlalu lembek dari sekian banyak nasehat beliau akhirnya gw memutuskan untuk menerima stay di MACF perusahaan ini.

Sebenernya perihal pindah kerja ini, gw masih galau banget lhoo.. tapi nasehat dari beberapa senior baik yang ada di kantor gw dan temen gw yg lain yg sudah senior juga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Kenaikan gaji, ini jangan cuma nominal aja yang dulu. Tapi liat style orang kantor baru, klo branded dan styles inj butuh cost lebih. Jarak dari rumah ke kantor untuk biaya transportasi dan biaya makan.

2. Jenjang karir, harus diperhatikan baik di perusahaan lama dan baru bagaimana jenjang karirnya, manager gw juga bilang ada baiknya gw stay menjadi koordinator dulu disini karena nilai jual gw nantinya naik. Alasan ini masuk akal dan bisa gw terima

Ejekan,,
Ya ejekan, karena banyak orang yang menghina perusahaannya sendiri dengan sistem kerja dan segala macamnya, akhirnya mereka mengutuk sendiri perusahaan ini.
“Lo kok ga jadi resign ta?? Waaaah darah lo ada macf nya ya..”
Gw cuma ketawa aja sih waktu itu. Satu hal yang gw sedihin pas pilih stay di mcf adalah persahabatan gw dengan Anita, dia pasti bete dan wajar menurut gw klo dy bete. Tapi alhamdulillah dia wise banget dan sekarang kita sama jadi bridezilla.
Terima kasih Anita atas kesempatan yang diberikan, mungkin klo ga ada lo, gw ga di level itu saat itu.

Jadi, ceritanya udah naik 1 tangga nih dari staff ke Unit Head. Ga pede, karena masih junior dan belum detail banget ngerti sistem karena memang selama ini kerjaan gw ya otak atik data ga jago itu juga yee dan bagian disuruh suruh ga ada jobdesk pakemnya. Cuma memang krusial juga yg gw urus. Dan pada saat gw promosi, 4 org di promosi jadi unit head dan gw terpilih untuk cover Reg 4, area kalimantan dan sulawesi. Gleeeek.. gw harus siap jalan jalan.

image

Ini salah satu kunjungan ke Tanah Grogot yang ke dua bersama team Audit. Suasana yang menegangkan tapi seru deh.

Januari 2013

Dengan adanya perubahan struktur organisasi, gw dipromosikan menjadi Section Head, alasan manager baru gw karena gw banyak berhubungan dengan pihak luar, bank, kantor pos dan beberapa vendor lain. Bos gw bilang dya suka dengan respon gw yang cepat dan bagus dalam berkoordinasi, jadi 6 bulan kedepan gw dievaluasi apakah cocok untuk jadi section head.

image

Agustus 2013

Bulan puasa harus ikut assesment cooy..
Lapppeeer dan begooo cooy..
Ahahahaahaaa… Ya kita liat nanti hasilnya apa ya pemirsa.
Sebenernya perihal ini gw rahasiakan waktu itu karena takut ada omongan atau jadi rieweuh lah ya. Tapi nanti mereka juga ada gilirannya sendiri kok untuk promosi, karena boss gw jg ga buta dan dya melihat betul potensi ank anknya dan memikirkan jenjang karir anknya.

Sept 2013
Alhamdulillah..
Saat ini gw udah jadi PJS Section head yang penting gaji gw naeeeek coooy.
Ini mungkin rejeki dari Allah, ini pasti jalan dari Allah karena gw lagi butuh duit buat tabungan tambahan nikah. Naik berapa pun itu wajib disyukuri dan bagi gw itu alhamdulillah sekali.
Walaupun awalnya ga yakin gaji naik, ternyata rapelan turun dihari berikutnya. Alhamdulillah ya Allah..

image

Pencapaian
Tahun pertama : staff administrasi
Tahun kedua : unit head
Tahun ketiga : section head

Jangan bicara masalah gaji, jangan bicara masalah kerja enak. Semua kerja ga enak coy, even usaha sendiri pun harus berjuang. Jangan impikan perusahaan dengan load kerja kecil tapi gaji besar, yaaa banyaak kok temen temen yang kerjanya sedikit gaji besar dan hidup santai di dunia kerja.

Mengutip pernyataan dari Bu Betty boss gw
ketika perusahaan sudah memberikan lebih, maka kita seharusnya dengan senang hati memberikan lebih kepada perusahaan”

“Jadilah wanita yg independen, yg bekerja untuk memajukan perusahaan, selalu berusaha yang terbaik, kalau pun perusahaan belum melihat, sampai suatu hari kita keluar dari sini, perusahaan akan menilai, oooh anak ini tuh bagus lho..”

Fenomena yang biasa gw liat di perusahaan gw adalah

1. Banyak mengeluh, kerja ini kerja ini kebanyakan, overload tapi yang lucu justru org yg overload ga pernah ngeluh tapi malah yg ga terlalu sibuk, keluhannya paling besar.

2. Menghina perusahaan sendiri. Ini ibarat lo kotorin tai dipiring tempat lo makan. Kalo lo ga suka, lo ga puas dan lo ga nyaman, prinsip gw ya cari tempat lain yanv menurut lo lebih baik. Tapi kalo lo belum bs dapet juga,harusnya lo berkaca ini berarti dari diri gw sendiri yang masih kurang dan harus bisa lebih baik.

3 tahun ini membuat gw banyak dapet pelajaran hidup, bagi gw di perusahaan ini keras, dalam masalah sosial pergaulan, bukan masalah pakaian dan dandanan lho, justru disini santai. Tapi ada satu bentuk culture sedikit motivasi, banyak menuntut, iri dengan orang lain dan karena mayoritas perempuan jadi seperti hal layak tau lah mulutnya perempuan seperti apa. Pelajarannya ya harus betul betul profesional, be good and do good jangan terlalu mikirin apa kata orang selama kita berbuat baik. Karena dimata orang itu ada ajaaa yang salah. Tapi tetap harus positif thinking dan stay cool.

Alhamdulillah..
Tulisan ini bukan bermaksud pamer atau jadi sombong, tapi sebagai pembelajaran dan motivasi gw, untuk terus menjadi etta yang baik, menjadi etta disisi yang bagus dan semoga yg jelek jelek bisa berkurang.

Semua orang punya pilihan untuk bekerja dimanapun, maka tetap konsisten dan terus menjadi baik dengan pilihan itu.

Semoga kedepannya, karir bisa semakin baik. Baik ditempat ini dan ditempat lain. Amin

Terima kasih ya Allah

with love,

etta naeni

Advertisements

8 thoughts on “Lika liku karir kerjaku

  1. Pingback: Happy 27th bday to me :) | etta naeni

  2. Tulisannya bahus banget mba, jujur saya juga lagi ada diposisi yg bimbang. Saya g nyaman ditempat yg sekarang, berusaha cari ditempat lain tapi krn saya bekerja sebagai frontliner tidak bisa pegang hp setiap saat jadi kl ada panggilan interview pasti terlewatkan begitu saja. Pengen langsung resign tapi takut jadi pengangguran selain itu umur jg udh g lagi muda. Pengen coba ikut walkin interview di mega finance tapi takut g diterima.
    Mungkin bner kata mba, kl saat ini perusahaan blm bisa melihat memang masih ada kurangnya dr saya. Saya harus lbh giat lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s